Wajib Tau Cara Kerja Facebook Ads

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara kerja Facebook ads. Dengan harapan bisa menambah pengetahuan Anda tentang cara membuat iklan di Facebook agar lebih efektif dan maksimal.

Apakah Anda tau bahwa lebih dari 90% orang dibidang social media marketing beranggapan bahwa menggunakan Facebook ads adalah cara yang paling efektif untuk memasarkan sebuah brand atau bisnis dibanding dengan platform social media lainnya?

Tidak penting jika anda beriklan untuk perusahaan besar ataupun perusahaan kecil yang baru mulai merintis, pada kenyataannya Anda tidak memerlukan budget yang sangat besar untuk membuat iklan di Facebook.

Facebook ads membantu suatu brand atau bisnis terhubung dengan orang – orang yang ideal yang mempunyai kemungkinan ketertarikan dengan konten yang anda sajikan dan berinteraksi dengan product atau jasa yang Anda tawarkan, yang nantinya akan berpeluang untuk menghasilkan penjualan / hasil yang berharga bagi Anda.

Menggunakan Facebook ads bisa efektif untuk perusahaan yang menawarkan produk atau jasanya untuk perusahaan lain (B2B) ataupun perusahaan yang menawarkan produk atau jasa langsung kepada customer / end user (B2C).

Jika informasi pada artikel ini kurang lengkap, maka Kami sudah membuatkan Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads (Zero To Pro) yang lengkap dengan contoh Study kasusnya.

Cara Kerja Facebook Ads

Cara Kerja Facebook Ads

Cara kerja Facebook ads adalah iklan yang dibuat oleh pengiklan melalui pengelola iklan Facebook yang bertujuan untuk ditampilkan kepada pengguna platform Facebook berdasarkan aktivitas pengguna Facebook, demographic dan informasi profile, perangkat yang digunakan untuk mengakses Facebook, hingga aktivitas diluar aplikasi Facebook.

Setiap pengiklan bisa jadi memiliki strategi atau tujuan beriklan di Facebook yang berbeda, oleh karena itu Anda harus memahami tujuan beriklan di Facebook dan hasil apa yang Anda harapkan dari kampanye iklan Facebook yang akan anda jalankan.

Suatu perusahaan bisnis dan pengiklannya perlu memastikan kampanye iklan Facebook yang dijalankan menyajikan konten yang tepat kepada orang yang tepat di waktu yang tepat.

Berdasarkan cara kerja Facebook ads, ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum memulai beriklan di Facebook ads, yaitu:

  • Memantapkan tujuan brand atau bisnis anda / alasan anda menjalankan iklan di Facebook.
  • Memahami orang – orang seperti apa yang Anda akan target.
  • Bagaimana Anda akan menghabiskan anggaran iklan Facebook.
  • Gambar atau video yang akan anda gunakan dalam kampanye iklan Facebook.

Dasar Cara Kerja Facebook Ads

Dasar Cara Kerja Facebook Ads

  • Materi iklan: Gunakan gambar dan copywriting yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada target audience Anda.
  • Targeting: Orang – orang yang akan melihat iklan Facebook Anda.
  • Placement: Tentukan dimana iklan Facebook Anda ingin ditampilkan.
  • Bid: Biaya yang anda keluarkan untuk lelang antar sesama pengiklan agar iklan Anda ditampilkan kepada target audience.
  • Anggaran iklan: Besar anggaran iklan yang akan Anda gunakan untuk kampanye iklan Anda.
  • Jadwal iklan: Waktu yang anda tentukan untuk berjalannya kampanye iklan Anda.

Ketika Anda membuat iklan untuk Facebook, usahakan tidak menggunakan judul yang terlalu panjang. Ketimbang membuat judul yang terlalu panjang dan membosankan, buatlah judul yang singkat namun dapat menarik perhatian pemirsa target iklan Facebook Anda.

Cara kerja Facebook Ads Anda adalah untuk menarik perhatian calon customer untuk meng-click tombol call to action yang akan Anda arahkan ke tempat yang ditentukan agar audience Anda lebih mengenal tentang brand atau bisnis Anda dan apa yang Anda coba tawarkan kepada mereka. Yang pada akhirnya akan memicu tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan marketing Anda.

Matriks Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menganalisa Hasil Facebook Ads

Menganalisa Hasil Facebook Ads

Cara kerja Facebook ads yang berikutnya adalah Anda perlu melakukan analisa untuk tiap kampanye Facebook ads yang anda jalankan, dan melakukan perubahan jika diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kampanye iklan Facebook Anda.

Berikut ini adalah paramater dasar yang harus Anda ketahui dan pahami:

  • Klik: Jumlah klik yang didapat dari kampanye iklan Facebook.
  • CTR (Click Through Rate): Perbandingan antara click yang anda dapatkan dengan jumlah orang yang melihat iklan Facebook.
  • Impresi: Jumlah dimana iklan Facebook Anda memasuki layar orang yang Anda target.
  • Jangkauan: Jumlah orang yang dijangkau oleh iklan Facebook Anda.
  • Frekuensi: Perbandingan antara jumlah orang yang dijangkau dengan jumlah iklan Facebook Anda muncul dilayar seseorang.
  • Biaya per 1000 impresi: Biaya yang Anda keluarkan untuk 1000 impresi.
  • Biaya per click: Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu kali click pada iklan Facebook Anda.
  • Biaya per hasil: Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu hasil yang Anda inginkan dari iklan Facebook yang Anda jalankan.

Jasa Iklan Facebook Dan Instagram Profesional

Kesimpulan

Penting untuk memahami cara kerja Facebook ads. Karena dengan memahami cara kerja Facebook ads, Anda bisa membuat iklan Facebook yang efektif untuk berbagai tujuan marketing Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan Facebook ads untuk memaksimalkan hasil yang didapat brand atau bisnis anda, ada baiknya pertimbangkan menggunakan jasa iklan Facebook dan Instagram profesional untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan brand atau bisnis Anda. Kami sangat berharap Anda mau membagikan artikel ini di media social yang Anda miliki. Karena tindakan sesedarhana itu dapat membuat kami tetap semangat dalam menyajikan konten atau artikel berkualitas lainnya dikemudian hari.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *